Arti Saya Sundala Bahasa Gaul Daerah Makassar

Posted on

Arti Saya Sundala Bahasa Gaul Daerah Makassar – Beragam bahasa gaul yang digunakan juga berasal dari beragam orang yang menggunakannya. Semua pengguna aplikasi sosial media merupakan orang yang beraneka ragam suku dan bahasa. Meski menggunakan bahasa Indonesia, tetapi ada saja yang menggunakan bahasa gaul. Apalagi anak jaman now ini dari yang umur masih belia sudah menggunakan sosial media.

Lihat saja salah satu aplikasi seperti facebook atau pun tiktok. Banyak sekali anak yang di bawah umur yang menggunakan aplikasi tersebut. Banyak dari para pengguna aplikasi tersebut yang masih menggunakan bahasa daerah. Bahasa tersebut digunakan dan terkadang menarik perhatian orang lain. Hingga akhirnya bahasa tersebut berkembang dan digunakan lebih sering daripada biasanya. Dari situlah bahasa tersebut menjadi bahasa gaul.

Salah satunya yaitu bahasa Makassar yang termasuk dalam bahasa gaul adalah saya sundala. Pernah tidak kamu mendengar kata tersebut? Mimin sendiri baru mendengar kalimat tersebut.

Karena itu artikel KavSar.Net akan membahas mengenai kalimat saya Sundala yang berasal dari bahasa Makassar berikut ini, simak kuy.

Kalimat saya sundala merupakan bahasa gaul yang jangan digunakan dan diikuti ya. Karena kata tersebut memiliki arti yang sangat kasar sehingga dapat menyinggung orang yang mendengarnya. Karena kata tersebut seperti kata kasar untuk memaki atau mengumpat. tidak semua orang dapat menerima kata tersebut meski hanya untuk bercandaan saja.

Apalagi jika kamu menggunakannya kepada orang Makassar. Tentu orang tersebut akan mengerti apa yang kamu katakan. Hal tersebut akan memberikan masalah yang sangat besar yang akan sulit diatasi. Kenapa demikian? Apa sebenarnya arti dari kata Saya Sundala tersebut?

Arti Saya Sundala

Arti Saya Sundala Bahasa Gaul Daerah Makassar

Dalam bahasa Makassar terdapat kata yaitu saya sundala. Sundala berasal dari kata Sundal yang memiliki arti jalang, anak haram, atau p*lac*r. Saya sendiri merupakan ganti orang pertama.

Sehingga saya sundala berarti ya kamu sendiri bisa menggabungkannya ya. Karena agak sedikit tabu untuk mengatakannya. Begini, saya sundala berarti saya anak haram atau saya jalang.

Kalimat tersebut merupakan kalimat yang kasar dan buruk. Kata kasar tersebut tidak pantas untuk diucapkan dan digunakan untuk orang lain. Mengumpat atau menggunjing dengan kata tersebut dapat menyulut api. Jika mengucapkan kata- kata tersebut kamu ucapkan kepada orang lain, maka akan menimbulkan konflik yang bahkan bisa sampai bermain fisik.

Penggunaan

Berhati- hatilah dalam berkata jangan sampai apa yang kamu ucapkan membuat kamu dalam masalah yang besar.

Meskipun kamu mengatakan hal tersebut hanya untuk bercandaan, tetap saja lebih baik kamu menghindari kata tersebut.

Tahu mengenai hal ini akan lebih baik bagi kamu supaya kamu mengerti arti dari kata tersebut meski tidak menggunakan bahasa tersebut. jadi Anda tetap bisa mensortir kata- kata yang akan Anda ucapkan. Tidak asal main comot bahasa gaul dan mengaplikasikannya dalam pergaulan Anda. Iya kalau orang yang Anda katakan itu tidak mengerti, masih aman walau itu juga termasuk hal yang tidak baik dan tidak boleh ditiru. Kalau orang tersebut mengerti apa maksudnya bagaimana? Apalagi orang tersebut gampang sekali tersulut emosinya?

Jangan hanya mengikuti trend saja ketika menggunakan bahasa gaul, kamu juga perlu mengetahui arti dari kata tersebut. Kata yang memiliki makna yang baik tentunya juga akan memberikan hal yang baik. Biasakan menggunakan kata atau kalimat yang baik supaya hal tersebut menjadi kebiasaan. Jika asal mengucapkan kata yang kasar meskipun tidak terbiasa tapi lama kelamaan akan terbiasa menggunakannya.

Gunakan kata- kata yang tepat dan sesuai situasi dan kondisi. Karena begitulah tata krama yang berlaku. Bukan hanya untuk menghargai orang lain tapi juga membentuk pribadi diri kita sendiri. Bersikap baik terhadap orang lain juga akan memberikan efek yang baik bagi diri kita sendiri. Karena bagaimana pun juga, kita sendiri ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain.

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai arti dari kata saya sundala yang termasuk dalam bahasa gaul dan berasal dari bahasa Makassar. Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf bila ada salah kata dari mimin. Terima kasih.